FAQ

3

1. Apa itu Kelas Inspirasi?

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi. Selanjutnya para profesional ini disebut relawan pengajar. Relawan pengajar berinteraksi di sekolah untuk berbagi cerita dan pengalaman kerja dan memberi motivasi untuk meraih cita-cita bagi para siswa. Interaksi relawan pengajar dengan warga sekolah dilakukan untuk membuka ruang komunikasi dan kolaborasi antar keduanya melalui pengalaman mengunjungi, dan mengajar, dan berinteraksi selama hari inspirasi termasuk masa persiapannya.

2. Bagaimana awal terbentuknya Kelas Inspirasi?

Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kegiatan Kelas Inspirasi yang pertama diadakan pada 25 April 2012 di 25 lokasi SD di Jakarta. Saat ini Kelas Inspirasi telah berlangsung di ratusan kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan digerakkan oleh relawan-relawan peduli pendidikan yang ada di daerah tersebut.

3. Kenapa targetnya Sekolah Dasar?

Usia dini merupakan masa emas perkembangan (golden age). Perkembangan kecerdasan dan pengetahuan anak terjadi pada usia dini sangat pesat. Perkembangan kecerdasan memerlukan stimulasi dari lingkungan. Kurangnya stimulasi lingkungan menyebabkan perkembangan anak tidak optimal. Pendidikan merupakan lingkungan buatan yang dirancang secara sadar dan terencana dalam rangka mengembangkan potensi kecerdasan anak. Begitu juga dengan membagikan wawasan kepada anak-anak tentang aneka profesi.

4. Siapa penggerak Kelas Inspirasi?

Saat ini Kelas Inspirasi di tiap daerah digerakkan oleh relawan peduli pendidikan yang ada di daerah tersebut. Baik dari mahasiswa, bahkan juga masyarakat umum. Mereka ini kemudian disebut dengan relawan panitia lokal.

5. Saya tidak punya latar belakang pendidikan dan belum pernah mengajar. Apakah saya bisa ikutan?

Nantinya akan ada briefing untuk mempersiapkan relawan berinteraksi dengan sekolah, mengajar, dan menguasai pengelolaan kelas.

6. Saya bukan fotografer/videografer profesional. Apakah saya bisa ikutan?

Untuk mejadi relawan dokumentasi (fotografer/videografer) tidak harus sudah profesional. Sekedar hobi fotografi ataupun videografi pun bisa mendaftarkan diri. Selama relawan tersebut siap menyediakan perlengkapan dokumentasinya sendiri dan hasil dokumentasinya siap juga untuk diserahkan ke panitia.

7. Saya masih mahasiswa. Apakah saya bisa ikutan?

Mahasiswa bisa ikut terlibat sebagai relawan panitia lokal (jika pendaftarannya masih dibuka). Atau bisa juga ambil bagian sebagai relawan fasilitator. Relawan fasilitator akan mendampingi kelompok relawan, dan menjadi penghubung antara relawan dengan panitia lokal atau dengan pihak sekolah. Syarat menjadi relawan fasilitator : berdomisili di Sungai Penuh atau Kerinci dan suka berorganisasi.

8. Kalau saya menjadi relawan, apakah saya akan mendapatkan uang saku atau pengganti transportasi/akomodasi?

Kami percaya bahwa mendukung pendidikan tidak selalu harus dengan imbalan materi. Di Kelas Inspirasi, kehadiran dan semangat bersama menjadi semangat positif yang luar biasa. Mengenal teman-teman relawan yang mau meluangkan waktu dan tenaganya tanpa dibayar, serta bertemu murid-murid, guru-guru, dan seluruh pihak sekolah yang rela sekolahnya dikunjungi untuk sama-sama berbagi cerita dan harapan.

9. Apakah pendaftaran dikenakan biaya?

Tidak ada biaya yang dibebankan jika ingin mendaftar sebagai relawan Kelas Inspirasi.

10. Mengapa harus ikut briefing dan refleksi?

Pada saat briefing, relawan akan bantu dipersiapan agar memahami nilai-nilai yang ada di Kelas Inspirasi, mampu menguasai teknik pengelolaan kelas, serta membuat perencanaan kegiatan di masing-masing kelompok sekolah. Sementara pada saat refleksi, relawan akan berbagi cerita dan pengalaman dari interaksi relawan dengan siswa, guru, dan warga sekolah lainnya untuk diambil pelajaran serta inspirasi bagi setiap relawan yang terlibat.

11. Kapan akan diselenggarakannya?

Kegiatan puncak Kelas Inspirasi Sungai Penuh (atau yang biasa disebut sebagai Hari Inspirasi) adalah Sabtu, 20 Oktober 2018.

12. Bagaimana cara bisa ikut Kelas Inspirasi Sungai Penuh?

Bisa langsung daftar secara online di https://kelasinspirasisungaipenuh.wordpress.com/daftar/ atau bisa juga lihat informasinya via Facebook Kelas Inspirasi Sungai Penuh dan Instagram @kelasinspirasisungaipenuh, atau hubungi kami via WA di 0822-2669-9102

13. Siapa saja sih yang bisa ikut Kelas Inspirasi?

Untuk menjadi relawan pengajar, bisa berasal dari mana saja termasuk dari luar Sungai Penuh atau Kerinci. Persyaratan lainnya :

  • Sudah bekerja minimal 2 tahun di profesinya
  • Bersedia hadir pada saat briefing, Hari Inspirasi, dan refleksi

Sementara jika ingin menjadi relawan dokumentasi (baik fotografer maupun videografer), juga bisa berasal dari mana saja termasuk dari luar Sungai Penuh atau Kerinci. Persyaratan lainnya :

  • Menyiapkan sendiri perlengkapan dokumentasinya
  • Bersedia menyerahkan hasil dokumentasi kepada panitia untuk dipublikasikan
  • Bersedia hadir pada saat briefing, Hari Inspirasi, dan refleksi

Untuk relawan fasilitator, persyaratannya adalah :

  • Berdomisili di Sungai Penuh atau Kerinci
  • Bisa untuk mahasiswa maupun umum
  • Suka berorganisasi
  • Bersedia hadir pada saat briefing, Hari Inspirasi, dan refleksi.

14. Saya bukan berasal / tidak berdomisili di Sungai Penuh. Apakah masih bisa ikut bergabung?

Tentu bisa sebagai relawan pengajar maupun dokumentasi. Ini akan menjadi kesempatan baik bagi relawan untuk mendapatkan pengalaman interaksi lintas budaya dan tradisi yang ada di seluruh negeri. Kami percaya bahwa pengalaman ini dapat memperkaya pengalaman pribadi kita sehingga dapat menjadi modal tambahan dalam kehidupan bermasyarakat. Namun khusus relawan panitia lokal dan fasilitator, diutamakan berdomisili di Sungai Penuh dan sekitarnya, demi kemudahan dalam berkoordinasi.

 

 

Advertisements